Langgengkan Hubungan dengan Klien

Langgengkan Hubungan dengan Klien

Dalam dunia kerja, menjaga hubungan dengan relasi bisnis (klien) mutlak diperlukan. Semakin banyak klien yang bisa dipelihara semakin bagus. Sebaliknya, semakin sedikit klien yang bisa anda pelihara maka semakin tidak menguntungkan bisnis anda. Jadi salah satu tugas anda adalah bagaimana menjaga agar klien tidak pergi meninggalkan anda.

  1. Salah satu cara untuk melanggengkan hubungan dengan klien adalah menciptakan hubungan personal dengan klien. Cobalah ciptakan hubungan yang bukan hanya sebatas hubungan di seputar kantor dan di seputar meja. Hal ini berarti bahwa memperlakukan klien sebagai mitra usaha dan memperlakukan mereka sebagai sahabat pula. Dengan begitu anda akan mengetahui apa kegemaran mereka, film favorit mereka, minat mereka bahkan kebiasaan mereka saat weekend.
  2. Kiat lainnya adalah memelihara kontak. Maksud dari kontak bukan hanya sebatas saat adanya proyek. Meski tidak ada proyek tetapi anda sebaiknya terus memelihara  kontak. Kiriman e-mail, panggilan telepon atau SMS atau kiriman kartu ucapan bisa digunakan sebagai wahana menjaga kontak dengan para klien.
  3. Luangkan waktu anda untuk mengunjungi klien. Sekedar mengadakan kunjungan informal dan sifatnya pribadi. Kunjungan seperti ini memiliki dua sisi manfaat. Yang pertama adalah mempererat hubungan anda dengan klien sebagai pribadi dan kedua adalah mempererat relasi anda dengan klien sebagai mitra bisnis.
  4. Jika anda memiliki dana lebih, akan lebih baik jika sekali-kali anda mengundang satu atau dua klien untuk makan-makan. Anda bisa membuat acara makan-makan tersebut menjadi betul-betul spesial dan mengesankan klien. Dengan begitu, klien anda akan semakin dekat dan tidak akan mudah lari begitu saja dari anda. (Djoko Subinarto/twp)

sumber : perempuan.com

One thought on “Langgengkan Hubungan dengan Klien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s