Tentang Event Pameran

Tentang Event Pameran

Exhibition/ pameran atau bahasa trendnya Expo adalah sebuah event yang mempunyai tujuan mendekatkan produk secara langsung kepada calon konsumen. Melalui event Expo konsumen dapat melihat, merasakan, memilih bahkan mencoba untuk menggunakan produk tersebut secara langsung.

Kini, tren ini dijadikan sebagai sarana alternatif dalam wisata atau jalan-jalan. Begitu banyak jenis kemeriahan pameran, festival di seluruh Indonesia membuat kita tertarik mengantarkan informasi ini kehadapan anda, mulai festival budaya, festival pernikahan, pameran komputer, mobil, perumahan, expo, exhibition hingga pagelaran seni dan budaya yang sayang jika kita lewatkan.

Event Exhibition terdiri dari dua jenis, yaitu :

  1. Exhibition dengan target Apresiasi
  2. Dalam event ini tujuannya adalah untuk membentuk apresiasi dari para pengunjung atau masyarakat terhadap sebuah karya. Contohnya seperti pameran lukisan, pameran foto, pameran benda bersejarah dan lain-lain

  3. Exhibition dengan target Penjualan/ Selling
  4. Dalam event ini memiliki tujuan untuk memasarkan suatu produk dan peningkatan penjualan serta memperluas pasar. Contohnya seperti Pameran mobil, pameran buku, pameran property dan lain-lain.

Sekilas apabila dilihat secara teknis penyelenggaraan kedua jenis exhibition tersebut hampir tidak ada bedanya. Namun untuk menentukan sukses atau tidaknya kedua jenis exhibition tersebut sangat berbeda sekali. Exhibition dengan target Apresiasi dapat dibilang sukses apabila pengunjung yang datang banyak dan untuk Exhibition dengan target Penjualan / Selling dapat dibilang sukses apabila selama pameran itu berjalan bisa meningkatkan jumlah transaksi penjualan dari tiap stand, jangan sampai pengunjung banyak tapi tidak ada transaksi.

Sebuah Event Organizer harus dapat mengetahui target dari Exhibition yang akan dilakasankan, karena hal ini akan sangat berpengaruh kepada si EO tersebut untuk menentukan beberapa hal, seperti :

  1. Menentukan Tempat
  2. Bila targetnya Apresiasi bisa memilih tempat pameran seperti di museum, ruang serba guna, aula sekolah, galeri dan lain sebagaiinya. Berbeda bila targetnya Penjualan / Selling, sebaiknya diselenggarakan di tempat yang para pengunjungnya siap melakukan transaksi pembelian, seperti di mall, swalayan dan lain sebagainya.

  3. Promo Event
  4. Dalam mempromosikan event tersbut keduanya memiliki spesifikasi market yang berbeda. Jangan sampai strategi promosi event yang dilakukan salah target akan berakibat fatal.

  5. Dekorasi & Layout
  6. Dalam pameran apresiasi dibutuhkan suasana yang tenang, sedangkan yang memiliki target penjualan harus memunculkan suasana kehebatan sebuah produk, karena itu dekorasi dan penataan stand harus sesuai dengan tujuan tersebut.

  7. Property Khusus
  8. Exhibition dengan target penjualan sebaiknya menambahkan property khusus seperti jaringan on line atau jaringan telepon yang akan digunakan untuk mendukung sarana transaksi via kartu atau gesek sehingga memudahkan pengunjung untuk bertansaksi dengan cepat dan aman.

Masih banyak hal lain yang harus di perhatikan oleh EO dalam menylenggaran Exhibition seperti keamanana, kebersihan dan lain-lain. Cobalah untuk selalu berpikir detil dalam menyelenggaran event tersebut. Jangan sampai event yang dibuat menjadi berantakan karena hal-hal kecil yang terlupakan. Sumber : 12-monkeys.com

Artikel terkait :

Agar Pameran Bebas Celaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s