Orisinalitas Konsep Event

Orisinalitas Konsep Event

Konsep event harus orisinal yang muncul dari kreativitas murni. Semua pemilik merek, menginginkan hal mendasar itu. Kenapa? Karena setiap produk yang ditampilkan pasti ingin berbeda dengan produk-produk sejenis. Dengan orisinalitas ide kreatif, berarti setiap merek memiliki ”jiwa” sendiri-sendiri.

Untuk menciptakan ide kreatif, memang harus selalu belajar, baik dari referensi atau menimba ilmu di institusi atau membuka informasi seluas-luasnya. Bisa juga dengan mencermati ide-ide kreatif dari luar negeri dan kemudian mengadopsi dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan kondisi di sini. Yang penting, ada proses pengendapan dan penggalian ide untuk melahirkan temuan-temuan yang benar-benar orisinal. Prinsip kreatif yang disepakati adalah prinsip Thinking Out of The Box – Execute Inside The Box. Jadi dalam membuat konsep acara harus memang harus berpikir Out of The Box, tidak terpaku dengan hal-hal mediocre yang biasa dilakukan di industri kita. Kita harus belajar dari hal sukses di luar industri kita. Namun eksekusi-nya tetap dibatasi oleh hal-hal dasar, misalnya relevansi dengan brand atau produk kita sendiri. Kalau tidak begitu, event seringkali benar-benar out of the box karena tidak masuk ke pasaran.

Diingatkan pula, harus membangun kultur anti “MeToolism”. Ini yang agak sulit, karena kita memang dibesarkan dengan sistem belajar “hapalan”, sehingga daya kreasi kita rada kurang. Namun seperti yang sering dijelaskan, kreativitas adalah skill bukan bawaan lahir. Jadi jika kita punya creative habit, seharusnya bisa membuat konsep event yang orisinal.

Mengapa orisinalitas itu penting dan dikedepankan? Karena di saat sekarang sulit menemukan orisinalitas ide dan kreatif itu. Seperti diungkapkan diatas, dalam proyek brand activation, banyak kecenderungan melakukan copy paste ide, dan menganggap sebagai karya orisinal.

Telah terjadi salah kaprah dalam dunia kreatif saat ini. Menyontek dianggap sebagai hal biasa. Biaya event mahal dianggap program sukses dan berhasil, dan kreatifitas dianggap boleh dijiplak dan seterusnya. Dan salah kaprah ini harus diluruskan. Sesederhana apapun ide kreatif, selama itu masih orisinal, maka harus mendapatkan penghargaan terbaik. Begitu pula, membuat event yang bagus tidak harus mahal. Biaya mahal tidak berbanding lurus dengan kesuksesan. Sebagai orang-orang kreatif, kita harus menjunjung tinggi ide, karya cipta, dan menghargai proses kreatif yang berlangsung selama ini. Sumber : mixmagz.

artikel terkait :

Tips Membangun Kreativitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s