Facebook Kini Situs Terbesar di Indonesia, Social Media Menjadi Bagian Stategis dari Marketing Communications
Google dan Alexa menampilkan data yang menghenyakkan di pertengahan Juli 2009 ini. Selama ini, situs web terbesar yang diakses oleh orang Indonesia adalah Yahoo!. Posisi itu tidak pernah tergeser sekali pun, baik oleh Google, Friendster, Facebook, maupun Detik.com atau media top lainnya. Namun data dari kedua kedua entitas pemeringkat web itu menunjukkan, per Juni 2009, Facebook kini merebut tahta sebagai web terbesar yang diakses orang Indonesia!
Selama ini acuan standar peringkat web yang banyak dipakai adalah Alexa, meski datanya kurang akurat. Alexa mencatat peringkat berdasarkan data dari browser yang dipasangi toolbar Alexa dan dari cookies. Sayang, tidak ada data seberapa banyak browser di Indonesia yang dipasangai toolbar Alexa, yang saya duga amat kecil dibanding sekitar 31 juta pengguna Internet di Indonesia. Namun sejak awal Google meluncurkan Google AdPlanner tahun lalu, saya mulai menggunakan fasilitas baru ini untuk terus memantau pergerakan peringkat situs terbesar di Indonesia. Google Ad Planner lebih akurat karena datanya berdasarkan statistik pengunjung langsung.
Untuk pertama kalinya, berdasarkan data Google Adplanner, Facebook menggeser Yahoo! dari peringkat pertama. Dan setelah dicek Alexa pada jam yang sama, Facebook juga berada di nomor satu situs terbesar di Indonesia.
Ini perubahan sangat penting bagi para marketer. Fakta ini menunjukkan bahwa social media semakin menghebat di Indonesia. Pengguna Internet Indonesia lebih banyak mengunjungi situs sosial media ketimbang membaca berita. Bahkan Friendster pun, yang tren penggunaannya menurun, masih di atas Detik.com, portal terbesar asli Indonesia.
Sebagai catatan, di data Google AdPlanner tersebut tidak ada Google.com maupun Google.co.id. Raksasa search engine itu memang menyembunyikan datanya. Tapi di Alexa terlihat, Google.co.id berada di peringkat dua dan Google.com peringkat empat.
Fakta ini, bagaimana pun juga akan mempengaruhi strategi pemasaran dan komunikasi online perusahaan-perusahaan dan merek di Indonesia. Social Media sudah saatnya menjadi bagian penting dari strategi marketing communications di Indonesia. Tak perlu diragukan lagi. (NukmanLuthfie – Online Strategist/SWA)
huehehehe…. itu berarti masyarakat kita senang dengan pertemanan… sesuai dengan pepatah: satu lawan adalah terlalu banyak, seribu kawan adalah terlalu sedikit… blog anda sangat bagus… salam bloger, sukses selalu
sedj
http://sedjatee.wordpress.com
hehe.. begitulah kira2 pak.. Insya Allah kami termasuk salah satu dari seribu kawan itu..
sukses untuk Anda sekeluarga..
facebook saat ini lagi menjadi fenomena…
http://lowongankerjadiglobaltv.wordpress.com
betul sekali.. seharusnya peluang ini bisa “dibaca” oleh para perencana, karena banyak celah yg bisa digarap dr “kerumunan” yg begitu banyak ini..