Facebook Kini Situs Terbesar di Indonesia, Social Media Menjadi Bagian Stategis dari Marketing Communications

Facebook Kini Situs Terbesar di Indonesia, Social Media Menjadi Bagian Stategis dari Marketing Communications

Google dan Alexa menampilkan data yang menghenyakkan di pertengahan Juli 2009 ini. Selama ini, situs web terbesar yang diakses oleh orang Indonesia adalah Yahoo!. Posisi itu tidak pernah tergeser sekali pun, baik oleh Google, Friendster, Facebook, maupun Detik.com atau media top lainnya. Namun data dari kedua kedua entitas pemeringkat web itu menunjukkan, per  Juni 2009, Facebook kini merebut tahta sebagai web terbesar yang diakses orang Indonesia!

Selama ini acuan standar peringkat web yang banyak dipakai adalah Alexa, meski datanya kurang akurat. Alexa mencatat peringkat berdasarkan data dari browser yang dipasangi toolbar Alexa dan dari cookies. Sayang, tidak ada data seberapa banyak browser di Indonesia yang dipasangai toolbar Alexa, yang saya duga amat kecil dibanding sekitar 31 juta pengguna Internet di Indonesia. Namun sejak awal Google meluncurkan Google AdPlanner tahun lalu, saya mulai menggunakan fasilitas baru ini untuk terus memantau pergerakan peringkat situs terbesar di Indonesia. Google Ad Planner lebih akurat karena datanya berdasarkan statistik pengunjung langsung.

Untuk pertama kalinya, berdasarkan data Google Adplanner, Facebook menggeser Yahoo! dari peringkat pertama. Dan setelah dicek Alexa pada jam yang sama, Facebook juga berada di nomor satu situs terbesar di Indonesia.

googleadplanfacebook

Ini perubahan sangat penting bagi para marketer. Fakta ini menunjukkan bahwa social media semakin menghebat di Indonesia. Pengguna Internet Indonesia lebih banyak mengunjungi situs sosial media ketimbang membaca berita. Bahkan Friendster pun, yang tren penggunaannya menurun, masih di atas Detik.com, portal terbesar asli Indonesia.

Sebagai catatan, di data Google AdPlanner tersebut tidak ada  Google.com maupun Google.co.id. Raksasa search engine itu memang menyembunyikan datanya. Tapi di Alexa terlihat, Google.co.id berada di peringkat dua dan Google.com peringkat empat.

Fakta ini, bagaimana pun juga akan mempengaruhi strategi pemasaran dan komunikasi online perusahaan-perusahaan dan merek di Indonesia. Social Media sudah saatnya menjadi bagian penting dari strategi marketing communications di Indonesia. Tak perlu diragukan lagi. (NukmanLuthfie – Online Strategist/SWA)

4 thoughts on “Facebook Kini Situs Terbesar di Indonesia, Social Media Menjadi Bagian Stategis dari Marketing Communications

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s