Ketrampilan Dasar Dalam Teamwork

Ketrampilan Dasar Dalam Teamwork

Pembentukan teamwork dianggap solusi terbaik untuk mencapai keberhasilan sebuah project ataupun event yang tentunya akan berimbas kepada kesuksesan di organisasi perusahaan. Banyak yang menyakini bahwa tim yang solid akan lebih mudah menyelesaikan delegasi tugas-tugas organisasi. Tetapi untuk membentuk sebuah teamwork yang solid memang tidaklah mudah.

Kesulitan tersebut didasari oleh kenyataan bahwa dalam teamwork terdapat banyak kepala dengan banyak gagasan atau ide dan pendapat. Untuk menyatukannya memang bukan usaha yang mudah tetapi sangat sulit. Karena memang teamwork merupakan sekumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yang harus memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas. Untuk menjaga keharmonisan sebuah tim maka harus ada koordimasi dan prosedur yang harus disepakati oleh seluruh anggota teamwork.

Agar tercapai keharmonisan dan penyatuan yang solid maka masing-masing individu harus memiliki tanggung jawab yang sama. Bila muncul suatu pertentangan, perbedaan dan perdebatan semua harus terlibat dalam proses penyatuan tersebut. Hanya ada satu orang yang menjadi ketua tim yang akan membuat keputusan berdasarkan saran dan pendapat dari seluruh anggota.

Setiap individu harus memiliki ketrampilan dasar yang diperlukan untuk bekerja secara team.

Ada dua ketrampilan yang harus dimiliki oleh anggota team, simak berikut ini.

  1. Ketrampilan managerial (managerial skills)
  2. Ketrampilan managerial adalah kemampuan mengatur dan mengelola potensi diri sendiri serta melakukan koordinasi dengan sesama anggota team. Termasuk didalamnya adalah kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar.

  3. Ketrampilan interpersonal (interpersonal skills)
  4. Ketrampilan ini merupakan ketrampilan melakukan kontak sosial dengan seluruh individu di dalam kelompok. Termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjaga kekompakan dengan anggota team.

Untuk mempersiapkan team anda maka mereka harus memiliki kedua ketrampilan tersebut. Karena dengan ketrampilan itu akan memudahkan anda bekerjasama dan mengaktualisasikan diri anda dalam sebuah team. Jika anda sudah masuk dalamnya secara otomatis anda telah memiliki tanggung jawab yang bersinergi pada satu tujuan yaitu mencapai kesuksesan bersama. Apakah anda siap untuk menjadi anggota suatu teamwork?

Semoga berhasil.

sumber : perempuan.com

One thought on “Ketrampilan Dasar Dalam Teamwork

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s