Event Dengan Bujet Kecil

Event Dengan Bujet Kecil

Brand activation (BA) atau event merupakan salah satu langkah aktivitas komunikasi below the line yang efektif. Bagaimana tidak dalam aktivitas itu secara langsung brand dapat berinteraksi dengan target marketnya. Di sisi lain event ini bisa menjadi sebuah ladang uang apabila tahu memanfaatkan titik kelemahan target market dan tentu saja jeli memanfaatkan kesempatan tersebut.

Jangan mudah tergoda dengan berbagai brand activation kelas kakap yang dilakukan berbagai brand raksasa. Event yang bisa menghabiskan berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus juta, dan jujur saja memang spektakuler… tapi anda tidak harus melakukan hal itu, karena anda harus realistis dan menyesuaikan dengan skala brand dan tentu saja budget promosi anda.

Berikut di bawah ini beberapa langkah yang bisa diambil untuk memperbesar profit dan menekan cost dalam sebuah BA :

  1. Menciptakan konsep alur aktivitas pengunjung untuk membeli sebanyak mungkin
  2. Apabila konsep acara bukan merupakan aktivitas jual beli, maka area jual beli mutlak harus tersedia, dan diarahkan bisa melalui sesi khusus atau promo yang menarik, supaya pengunjung bisa mengarahkan perhatian mereka

  3. Kerjasama dengan beberapa pihak ke-3 yang bisa memanfaatkan peluang serupa
  4. Hal ini tentu untuk menekan cost, karena bisa jadi karena hal ini kita bisa mendatangkan profit tertentu; jangan lupa! Jangan mengajak pihak ke-3 dari industri yang sama atau yang mungkin bisa menjadi substitute competitor

  5. Fokus pada mengajak sebanyak mungkin pengunjung datang
  6. Mengamati berbagai pola yang dilakukan beberapa EO, terkadang mereka terlalu fokus pada konsep acaranya, tetapi tidak berfokus pada mendatangkan sebanyak mungkin orang ke acara tersebut; karena berdasarkan pengalaman konsep acara yang sederhana pun bisa menjadi sangat berhasil apabila eksekusinya maksimal, dan yang paling penting adalah ramai didatangi pengunjung; jangan lupakan animo yang satu itu! Pengunjung adalah elemen lain dari sebuah event yang berperan 70% dalam keberhasilan acara; sedangkan konsep? Hanya 10% dan sisanya adalah eksekusi

  7. Cermat memilih line untuk publikasi
  8. Masih berkaitan dengan nomor poin sebelumnya, jangan terpatok pula dengan menarik orang sebanyak-banyaknya adalah dengan membuat flyer, umbul-umbul, poster sebanyak-banyaknya pula; ingat! Kita apabila anda bukan brand rokok atau sabun mandi yang punya budget promosi trilyunan.. maka lupakanlah soal baliho dan umbul-umbul yang hanya akan menguras kantong anda… beralihlah pada publikasi kreatif lainnya, seperti mendekatkan diri secara langsung pada komunitas yang menjadi target pengunjung, minta sesi presentasi atau lobi salah satu orang pentingnya, straight to the point, low cost, dan apabila anda tepat mengenai orang yang berpengaruh, dijamin seluruh komunitas akan hadir

sumber : creasionbrand.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s